Ketua Pengurus Yayasan Al-Ghifari Secara Resmi Luncurkan Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (SIMLITABMAS) LPPM Unfari

Diposting oleh Humas Al-Ghifari, 19 Maret 2021

blog-post-image Dari kiri : Dr. H. Gunawan Undang, Drs, M.Si (Ketua LPPM Unfari), Dr. H. Didin Muhafidin, S.IP, M.Si (Rektor Unfari), Dr. H. Tom Maskun, S.Pd, M.Pd (Ketua Pengurus Yayasan Al-Ghifari), Dra. Hj. Netty Nurdjannaty Budhiningsih (Ketua Pengawas Yayasan Al-Ghifari), Drs. H. Suhana (Anggota Pembina Yayasan Al-Ghifari)

INFO HUMAS YAYASAN AL-GHIFARI – Ketua Pengurus Yayasan Al-Ghifari, Dr. H. Tom Maskun, M.Pd, secara resmi meluncurkan Sistem Infomasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (SIMLITABMAS), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Al-Ghifari, Rabu (24/2/2021) bertempat di RKB Lantai 3 Kampus Unfari, Jln. Cisaranten Kulon No. 140, Arcamanik, Bandung.

Ketua Pengurus Yayasan Al-Ghifari menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas berbagai upaya yang telah dilakukan LPPM Unfari selama ini, termasuk web SIMLITABMAS LPPM Unfari yang baru saja launching ke publik.

“Saya sampaikan apresiasi, penghargaan dan ucapan selamat kepada LPPM Universitas Al-Ghifari beserta jajarannya yang telah berhasil mendongkrak posisi Universitas Al-Ghifari di wilayah Jabar Banten, sehingga menjadi perguruan tinggi swasta yang diperhitungkan dan dapat sejajar dengan perguruan-perguruan tinggi swasta elit lainnya di Jawa Barat dan Banten,” katanya.

Upaya yang dilakukan LPPM Unfari ini, ungkap Dr. Tom Maskun bukan hanya mendongkrak nama baik Universitas Al-Ghifari tetapi berdampak positif bagi Yayasan Al-Ghifari yang menaungi Universitas Al-Ghifari.

“Keberadaan Web SIMLITABMAS LPPM ini tentunya tidak hanya mengangkat nama dan posisi Universitas Al-Ghifari, tapi tentunya akan berdampak positif terhadap seluruh keluarga besar Unit Garapan yang ada di Al-Ghifari, seperti RA, SD, SMP, SMA, SMK Plus Al-Ghifari, STMIK Jabar, PIKMA Al-Ghifari dan BLK Komunitas Al-Ghifari,” ungkap Dr. H. Tom Maskun.

Ketua Pengurus juga menyampaikan rasa bangganya terhadap langkah-langkah atas segala upaya yang telah dilakukan LPPM Unfari. LPPM Unfari telah menorehkan banyak karya untuk kemajuan Universitas Al-Ghifari dan keluarga besar Al-Ghifari.

“Sistem Infomasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat LPPM Unfari, mulai hari ini akan mendukung karya-karya LPPM Unfari sebelumnya yaitu keberadaan terbitan berkala (online) jurnal ilmiah semua jurusan dan fakultas yang dimiliki Unfari. Semua terbitan berkala telah memperoleh ISSN dari LIPI,” ujarnya.

Keberadaan LPPM Unfari ini, Dr. Tom Maskun berharap bukan hanya memberikan manfaat untuk Unfari dan keluarga besar Al-Ghifari saja, tetapi lebih luas bisa memberikan banyak manfaat bagi umat, sebagaimana visi misinya yaitu melaksanakan pengabdian pada masyarakat, bangsa dan negara.

Senada dengan Ketua Pengurus, Rektor Universitas Al-Ghifari, Dr. H. Didin Muhafidin, S.IP, M.Si mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya kepada LPPM Universitas Al-Ghifari yang selama ini tidak berhenti berbuat dan berkarya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Universitas Al-Ghifari.

“Ini luar biasa, berkat upaya kerja keras LPPM Unfari dan yang lainnya, saat ini Universitas Al-Ghifari menempati posisi 50 perguruan tinggi swasta yang diperhitungkan di Jabar Banten dari 450 perguruan tinggi,” terang Dr. H. Didin Muhafidin.

Selanjutnya, Rektor Unfari ini menerangkan melalui kegiatan penelitian terhadap beragam masalah yang berkembang di masyarakat dapat dihasilkan sebuah solusi maupun inovasi yang bisa memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat di sekitarnya. Itu artinya, kegiatan penelitian dapat mendukung kegiatan pengabdian masyarakat bagi perguruan tinggi itu sendiri.

Kualitas pendidikan tinggi perlu dikembangkan dengan menekankan pentingnya penelitian sebagai titik vital kehidupan suatu universitas.

Dr. Didin Muhafidin menyebutkan kunci sukses para pesohor di dunia berawal dari sebuah penelitian. Berhasil atau tidaknya yang dilakukan seseorang tergantung dari penelitiannya.

“Setiap aktivitas yang dilakukan oleh para pesohor tersebut sebelumnya dilakukan penelitian yang tepat,” ucapnya.

Rektor Unfari, secara terang-terangan di hadapan Ketua Pengurus Yayasan Al-Ghifari, Dr. H. Tom Maskun, M.Pd, Anggota Pembina Yayasan Al-Ghifari, H. Suhana, Drs., Ketua Pengawas Yayasan Al-Ghifari, Dra. Hj. Netty Nurdjannaty Budhiningsih, Sekretaris dan Bendahara Pengurus Yayasan Al-Ghifari, para Direktur, para Wakil Rektor, para Dekan dan wakil, para Kaprodi, Kepala UPT dan para undangan lainnya yang ikut hadir melalui daring, memuji keberadaan LPPM Unfari, terkhusus ucapan terima kasih disampaikan kepada Ketua LPPM Unfari.

Sementara itu, Ketua LPPM Unfari, Dr. H. Gunawan Undang dalam laporannya menyampaikan bahwa penelitian dosen dari tahun ke tahun terus meningkat, diantaranya proposal penelitian dosen yg didanai oleh pemerintah tahun ini berjumlah 5 proposal dan 10 dosen peneliti didalamnya.

“Alhamddulillah, LPPM Unfari pada tahun 2021 ini mendongkrak sekitar 250% Penelitian Dosen Pemula (PDP) yang sebelumnya rata-rata hanya 2 proposal per tahun, pada tahun 2021 ini lolos sebanyak 5 proposal yang diseleksi secara ketat oleh Kemendikbud,” ujarnya.

Dari 10 proposal PDP yang kami ajukan, kata Dr. H. Gunawan Undang, 5 proposal lolos. Artinya, 50% dosen Universitas Al-Ghifari lolos sebagai peneliti PDP Kemendikbud.

Kemudian Launching SIMLITABMAS LPPM ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan rating Perguruan Tinggi.

“Seluruh Dosen di Universitas Al-Ghifari harus membuat akun dan mengisi dalam SIMLITABMAS LPPM, yang nantinya akan terekam semua kinerja dosen di bidang penelitian, publikasi ilmiah dan juga pengabdian masyarakat. Sehingga Rektorat, Yayasan Al-Ghifari dan seluruh civitas akademika di bawah naungan Yayasan Al-Ghifari nantinya akan lebih mudah untuk mencari data kinerja setiap dosen,” tegas Ketua LPPM Unfari dan sekaligus sebagai Wakil Ketua I Pembina Yayasan Al-Ghifari.

blog-post-image
blog-post-image