Pangan tradisional adalah makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat tertentu, dengan cita rasa khas yang diterima oleh masyarakat tersebut. Bagi masyarakat Indonesia umumnya amat diyakini khasiat aneka pangan tradisional, seperti tempe, bawang putih, madu, kunyit, jahe, kencur, temu lawak, asam jawa, sambiloto, daun beluntas, daun salam, cincau, dan aneka herbal lainnya. Jamu sebagai racikan aneka herbal berkhasiat juga sangat popular di Indonesia, khususnya di pulau Jawa.
Seiring dengan meningkatnya pengetahuan dan kesadaran akan kesehatan terhadap pangan yang dikonsumsi, mengkonsumsi pangan yang aman merupakan hal yang harus diperhatikan oleh produsen dan konsumen. Berdasarkan UU RI No. 7 Tahun 1996 tentang Pangan, keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia. Dengan demikian dapat didefinisikan bahwa pangan yang aman adalah pangan yang tidak mengandung bahaya biologi atau mikrobiologi, bahaya kimia, dan bahaya fisik.
Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan pangan mengakibatkan meningkatnya perhatian terhadap masalah ini. Permasalahan mendasar keamanan pangan tradisional pada umumnya terletak pada kelemahan dalam hal jaminan keamanannya terhadap bahaya biologi atau mikrobiologi, kimia, dan fisik. Adanya bahaya atau cemaran tersebut seringkali ditemukan karena rendahnya mutu bahan baku, teknologi pengolahan, belum diterapkannnya praktek sanitasi dan higinitas yang memadai, dan kurangnya kesadaran pekerja maupun produsen yang menangani pangan tradisional.

NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini bernama
“Seminar Nasional Keamanan Pangan Fungsional Berbasis Pangan Tradisional”

TEMA KEGIATAN

“Keamanan Pangan Fungsional Berbasis Pangan Tradisional”

WAKTU PELAKSANAAN

Tanggal : 20 November 2017
Tempat : Kampus III Universitas Al-Ghifari Bandung

Info Lebih Lanjut bisa menghubungi NO. Hot LIne Service 081222220603 / 022 7835813

 Download Now Materi Ir. Asep Kayudin, MM

 photo images_zpsft2bhavp.jpeg

 Download Now Materi Prof. Dr. Yaya Rukayadi, Ph.d

 photo images_zpsft2bhavp.jpeg