Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menerima kunjungan mahasiswa dari Universitas Alghifari, Rabu (28/11), di Jakarta. Rombongan dari Bandung sendiri 117 orang-orang yang datang untuk mengkaji lebih dalam kebijakan pemerintah dalam era revolusi Revolusi Industri 4.0.
 
Asisten Deputi Peningkatan Daya Saing Koperasi dan UMKM Iwan Faedi yang menjadi narasumber dalam acara kali ini menuturkan, pada tahun 2017 jumlah UMKM tercatat sebanyak 62,92 juta. Jumlah ini memberi pengaruh terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 62,57% atau kurang lebih Rp 7.000 Triliun.
 
“Dari jumlah pelaku UMKM 62,92 juta, baru sekitar 4,6 juta UMKM yang menggunakan teknologi digital (e-commerce dan platform marketplace). Oleh karena itu diperlukan pengembangan produk dan peningkatan kapasitas UMKM, ”kata Iwan.
Pemerintah sendiri telah merumuskan tiga langkah strategis dalam rangka pengembangan produk-produk unggulan dan peningkatan kapasitas UMKM di era revolusi industri 4.0.
 
Pertama dengan konsep  satu Produk Satu Desa  (OVOP). Dengan begitu, desa akan memiliki produk unggulannya, dan revitalisasi akan pemilihan produk tersebut;
 
Kedua. Mengembangkan  agregator  yang bekerja untuk merevitalisasi dan menguatkan ekosistem UMKM. Terakhir, dengan meningkatkan akses ke  pasar  digital secara digital, dengan memperluas pasar  e-commerce .
 
Lebih Lanjut Iwan menjelaskan peran yang diemban pemerintah dalam rangka mendukung ekosistem UMKM di bidang pembiayaan, logistik, pengembangan produk, Sumber Daya Manusia (SDM), pasar, dan perizinan.
 
Membuat Indonesia 4.0 , tambah Iwan, harus segera kita mulai. Termasuk dalam jangka pendek, sektor ekonomi yang diangkat pemerintah yaitu industri makanan dan minuman, industri tekstil dan busana, industri otomotif, industri kimia, dan industri elektronik.
Menutup sambutannya, Iwan berdiri "yang tak kalah penting, sinergi antar kementerian dan lembaga dalam bekerja sama mendorong peningkatan kapasitas UMKM menjadi kunci sukses"
 
Sumber:
https://ekon.go.id/berita/view/kemenko-perekonomian-menerima.4404.html