Pada hari Minggu, 24 Maret 2019 pukul 08.00 WIB-15.00 WIB. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Al-Ghifari Bandung telah mengadakan kegiatan seminar nasional tentang hoax dengan tema Generasi Milenial Anti Hoax (GEMA HOAX). Dalam Kegiatan ini terdapat penyampaian laporan kegiatan oleh Nadia Nurbany sebagai Ketua Pelaksana, penyampaian sambutan dari presiden BEM Siti Nurhayati dan kegiatan ini resmi dibuka oleh Rektor Universitas Al-Ghifari Bandung bapak Dr. Didin Muhafidin, S.I.p., M.Si. Selain itu, kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bapak Tom Maskum, M.Pd (Ketua yayasan lembaga pendidikan Al-Ghifari) dan beliau menyampaikan sambutan bahwasannya kegiatan Ini bukti kongkrit menyadarkan generasi milenial agar hoax menurun di indonesia hanya dengan peningkatan kualitas intelektual dalam diri kita.

Dalam kegiatan seminar nasional ini panitia telah menghadirkan pemateri yaitu bapak Alfianto Yustinova (Kepala Divisi Klarifikasi dan Diseminasi JABAR SABER HOAX) dengan judul materi Revitalisasi Peran Media Sosial Tanpa Hoax dan pemateri kedua Ibu Dr. Ayu Purwarianti (Dosen STEI ITB) telah menyampaikan materi yang berjudul Peran Generasi Milenial Dalam Menggunakan Media Sosial Anti Hoax.

Terimakash kami ucapkan kepada seluruh panitia yg sudah berjuang Bersama demi kelancaran kegiatan ini, Terimakasih juga saya Sampaikan kepada bapak kemahasiswaan Universitas Al-Ghifari karna selalu memberikan arahannya kepada kami, ungkapnya ketua pelaksana.

Kegiatan seminar ini terbuka untuk umum dan telah dihadiri oleh ratusan mahasiswa Universitas Al-Ghifari, Mahasiswa STABA, UIN SGD Bandung, IKOPIN, UNISBA dan sebagainya. Selain itu, kegiatan ini dimeriahkan oleh berbagai penampilan kreatif dari para panitia. Selanjutnya, dalam kegiatan seminar ini panitia telah mengadakan perlombaan pembuatan poster dan video yang bertemakan Generasi Milenial Anti Hoax.
Dalam sambutan presiden BEM Siti Nurhayati menyampaikan Mahasiswa merupakan kaum milenial yang menjadi salah satu pionir perubahan untuk kehidupan masyarakat, maka dengan adanya kegiatan ini diharapkan menjadi referensi bagi kaum muda dalam menerima informasi. Artinya, sebelum menyebarkan informasi yang didapatkan harus dianalisis, mencari klarifikasi terlebih dahulu sebelum memponis sesuatu perkara, karena pada hari ini mayoritas anak muda terlalu banyak menggemborkan opini dibandingkan fakta. Maka dari itu harapan kami semoga generasi milenial mampu bersikap jujur dan mampu mentransferkan nilai-nilai kejujuran dan kebenaran terhadap masyarakat. Hidup Mahasiswa, Hidup Rakyat Indonesia !!!

Sumber : M. Anang Munawir (kemahasiswaan)